Masjid Raya Birmingham

Masjid Raya Birmingham

Masjid Raya Birmingham, Inggris

Meskipun mayoritas penduduk di Inggris adalah non-Muslim namun pertumbuhan dan perkembangan Islam disana cukup menarik. Menurut data statistik tentag peningkatan jumlah mualaf di Inggris cukup signifiakn yaitu berjumlah 2,7 juta di tahun 2011 kemudian menjelang tiga tahun perkembangannya semakin pesat karena bertambah menjadi 3,1 juta tepatnya pada tahun 2014. Dilihat dari data tersebut pertumbuhan dan perkembangan agama Islam di Inggris lumayan pesat tidak lepas dari sumbangsih berbagai pusat agama dan penyebaran tentang islam di Britania Raya. Salah satu nya adalah adanya faktor dari tempat ibadah agama islam sendiri yaitu masjid. Sedangkan masjid yang sangat populer di Inggris adalah masjid Raya Birmingham.

masjid di inggris

Masjid Raya Birmingham telah resmi dibuka untuk para jamaah pada tahun 1975 dan merupakan masjid pertama di Briinngham dan masjid kedua di seluruh Inggris Raya. Masjid Raya Birmingham tak hanya menjadi salah satu tempat untuk beribadah umat muslim tetapi juga sebagai pusat pendidikan agama Islam di Briminngham. Selain itu, masjid ini juga menjadi sebuah institusi yang unik dengan tidak ada kerja sama pada sekolah Islam manapun. Namun hal itu tidak menyurutkan niat para muslim di Inggris khususnya di kota Brrimingham untuk terus belajar agama islam.

Setiap hari Jumat biasanya berbagai jamaah yang memiliki aliran berbeda diperkenankan untuk menghadiri kajian dan pelajaran islam secara mendalam dan mendengarkan khotbah. Biasanya pada hari Jumat para jamaah di masjid Raya Birmingham mencapai 4000 jamaah terdiri dari berbagai muslim dari penjuru dunia, seperti dari Arab, Pakistan, Afrika dan dari berbagai kawasan Asia lainnya. Mereka membaur menjadi satu dalam bangunan masjid yang besar dan mewah ini.

Awal pembangunan masjid Raya Birmingham ini dimulai pada tahun 1969 dan selama enam tahun masjid ini selesai secara keseluruhannya. Setelah itu masjid Raya Birmingham telah siap digunakan untuk melaksanakan ibadah dan kegiatan kegamaan. Dilihat dari arsitektur masjid, masjid Raya Birmingham memiliki satu kubah besar dari emas. Pernah dilakukan pemugaran pada tahun 1980 an dengan adanya tambahan dari beberapa serambi baru serta perluasan sederhana dengan menambahkan pintu darurat yang sangat bermnfaat.

Masjid Raya Birmingham memiliki tiga lantai yang desainnya sangat menarik dan mengesankan. Pada lantai masjid dilengkapi sebagai ruang pertemuan berbagai komunitas islam dan juga merupakan kantor kepengurusan. Selanjutnya ruangan utama masjid Raya Birmingham terlihat begitu luas dan megah untuk para jamaah laki-laki menunaikan shalat. Ruang utama tersebut dapat menampung sebanyak 3000 jamaah laki-laki dan 1500 jamaah perempuan yang telah diberikan ruang sekat tertentu secara khusus.

interior masjid birmingham

Kemegahan dan kemewahan masjid Raya Birmingham dapat juga dilihat dari lampu hias yang begitu berkilau indah meggantung dibawah kubah berdiameter 14 meter yang berada di bagian tengah ruangan utama masjid. Lampu hias itu terkesan  modern yang membuat seluruh ruangan masjid Raya Birmingham terlihat lebih istimewa.

Pada lantai dua disediakan serambi untuk melengkapi fungsionalitas masjid bagi para jamaah. Serambi tersebut juga dapat digunakan bagi non-muslim untuk mempelajari agama islam. Biasanya mereka duduk di serambi dan melihat sambil mendengarkan berbagai kegiatan yang dilakukan oleh para jamaah di lantai bawah.

Tak hanya memiliki arsitetur yang sangat minimalis namun menonjolkan keindahan dan kemegahan masjid ini juga merupakan tempat untuk gerakan kemanusiaan dan sosial bagi muslim atau naon-muslim. Dengan tingkat kepeduliannya yang tinggi tak heran Masjid Raya Birmingham selalu banyak dikunjungi oleh para jamaah.