Masjid Islamic Center Prabumulih

Masjid Islamic Center Prabumulih

Prabumilih merupakan salah satu Kota yang ada di Sumatera Selatan. Yang sebelumnya kota Prabumulih ini telah berstatus sebagai salah satu kota Administratif dalam area kabupaten Muara Enim. Wilayah kota ini juga pernah menjadi bagian dari daerah Pembantu Bupati dan berkedudukan di Gelumbang. Hingga selanjutnya disahkan menjadi kota mandiri, dan terlepas dari Kab. Muara Enim untuk wilayah induknya.

Diwilayah prabumulih juga terdapat sebuah masjid yang sangat indah dan megah. Nama masjidnya ialah Masjid Islamic center prabumulih. Lokasinya berada di Jln. Lingkar, Kel. Gunung Ibul di Kec. Gunung Ibul Prabumulih.

Masjid yang ada di area Islamic Center ini juga termasuk salah satu bangunan masjid terbesar sekaligus terluas yang ada di Sumatera Selatan. Sedangkan di komplek sama juga telah ada kantor MUI serta Baznas kota Prabumulih. Yang sebelumnya terletak satu atap disebelah Masjid Nur Arafah. Kepindahan dari kedua kantor di area Islamic center ialah dengan tujuan ingin ikut menjaga dan merawat bangunan masjid Islamic center.

Komplek Islamic center sendiri juga sudah dilengkapi oleh adanya bangunan aula cukup besar ditambah dengan berbagai fungsi umum maupun sosial. Misalnya saja digunakan juga pemerintah kota sebagai tempat acara resmi yang dibuatnya. Jadi, tak heran jika masjid ini sangat dikenal oleh masyarakat setempat baik untuk ibadah maupun untuk mengadakan acara penting tertentu.

Sebenarnya lokasi masjid ini bersebelahan dengan area komplek Makam Tua atau sebuah makam yang diyakini bagi masyarakat setempat jika makam tersebut ialah makam sesepuh dikota Prabumulih. Selain itu, komplek makam tersebut juga dikenal sebagai nama makam Kramat Gunung Ibul. Yakni nama yang sekarang ini telah menjadi nama dari sebuah kelurahan sekaligus kecamatan dimana Islamic Center berada.

Jika anda mengamati bangunan masjid ini akan tampak masjid yang sangat megah dengan warna abu abu dan krem yang mendominasi bangunan masjid ini. Namun untuk warna kubah sendiri terdiri dari beberapa perpaduan warna seperti warna hijau dan kuning. Kubah ini juga diberi motif seperti batik.

Biasanya kubah yang memiliki ciri seperti ini ialah jenis kubah panel enamel. Jenis kubah ini memiliki 2 warna atau lebih yang menghiasi kubahnya. Apalagi kubah ini juga berwarna mencolok yang sangat serasi dengan bangunan masjid dibawahnya. Maka tak heran banyak yang memilih jenis kubah panel enamel untuk bangunan masjid mereka.

Jenis kubah panel enamel juga memiliki berbagai bentuk dan motif yang bisa dipilih sesuai dengan bangunan masjidnya. Ada kubah panel enamel dengan motif batik ada juga yang bermotif kotak kotak belah ketupat. Namun untuk motif yang banyak di pilih oleh masyarakat pada umumnya ialah dengan motif kotak kotak. Sementara untuk motif batik biasanya wilayah tertentu yang ingin membuat kubah yang sama dengan budaya sekitar misalnya dengan motif batik khas wilayah tersebut.

Selain kubah panel enamel juga ada kubah jenis lain yang tak kalah populer dengan kubah panel enamel. Salah satunya ialah kubah beton. Mungkin untuk kubah beton ini banyak dipilih untuk bangunan masjid yang ada di wilayah rawan adanya bencana alam seperti gempa. Dengan alasan kubah ini sangat kokoh dan kuat sehingga tahan terhadap gempa dan juga guncangan yang sangat keras. Itulah sebabnya banyak masjid di wilayah dataran tinggi memilih kubah beton untuk bangunan masjidnya. Apalagi biaya perawatan setiap tahunnya juga lebih murah dibandingkan dengan kubah jenis lainnya.

Latest Article

Masjid Iwye 30 Juni 2022
Masjid Al-Alam 29 Juni 2022
Masjid Raya Birmingham 28 Juni 2022
Masjid Tiban Malang 24 Juni 2022