Masjid An Nash Amsterdam Belanda

Masjid An Nash Amsterdam Belanda

Salah satu masjid yang ada di Belanda Rotterdam ialah masjid An Nashr. Bangunan masjid ini dahulunya adalah sebuah gereja bernama Reformed Church. Gereja tersebut di dibeli komunitas islam yang ada di Rotterdam pada tahun 1982 dengan harga setengah juta Euro. Bangunan gereja tersebut kemudian dialih fungsikan menjadi bangunan masjid yang diberi nama An Nashr.

masjid An Nashr Belanda

Sementara pada tahun 2010 dilangsungkan proyek besar besaran dari pengelola masjid dengan dukungan LSM untuk merenovasi masjid dengan saling bekerja sama. Perluasan dan renovasi masjid ini dilakukan dan membutuhkan dana yang tidak sedikit yakni memakan dana lebih dari 10 juta Euro. Usaha ini bertujuan ingin memberikan tampilan baru pada masjid An Nashr yang dahulunya sebuah gereja.

Masjid ini juga termasuk salah satu masjid yang telah dikelola muslim maroko dan termasuk masjid besar di kota Rotterdam. Meskipun masjid ini bukan termasuk masjid satu satunya yang ada di Rotterdam, karena masih banyak masjid lain yang ada disini. Selain itu, Rotterdam juga dikenal sebagai salah satu kota paling ramah dengan muslim Eropa. Apalagi walikota dari kota ini ada yang pernah menjabat yang beragama muslim.

masjid di Rotterdam Belanda

Kota ini juga populer dengan penduduk imigran sangat tinggi yakni mencapai 47 % dari penduduk kota ini adalah imigran. Bahkan kota ini adalah kota dengan imigran muslim terbesar yang ada di belanda. Warga kota ini sebanyak 25 % beragama islam dan diperkirakan jika pada tahun 2020 nanti muslim adalah mayoritas kota ini. Dengan begitu, tidak akan sulit jika anda ingin mencari makanan halal dikota ini. Sedangkan walikota Belanda yang beragama islam ialah Ahmed Aboutaleb. Beliau termasuk warga belanda dari garis keturunan maroko menjabat sebagai walikota dari tahun 2009 silam. Beliau juga satu satunya muslim yang pernah menjabat sebagai walikota di kota ini.

Di kota ini anda juga akan mudah menemukan masjid di seluruh penjuru kota dan plosok kota. Akan tetapi, bangunan masjid disini memang tidak terlihat seperti masjid biasanya. Hal itu karena bangunan masjid tersebut ialah berbentuk seperti apartemen dan menyatu pada rumah rumah maupun apartemen bahkan juga kantor yang ada disekitarnya.

Nah, salah satu masjid yang terlihat seperti masjid di kota ini karena mempunyai kubah dan juga menara ialah masjid An Nashr ini. Dengan begitu, anda akan sangat mudah mengenali masjid ini. Tidak seperti masjid lain yang ada dikota ini yang bentuknya menyerupai dengan apartemen. Meskipun ada dimana anda tidak bisa mengenalinya.

ruangan yang lega di masjid an-nashr

Selain itu, para panitia masjid juga memiliki keinginan untuk membuat masjid ini sebagai salah satu masjid terbesar yang ada di Eropa. Mereka juga ingin menambahkan bangunan lainnya sebagai penyempurna bangunan masjid. Yang merupakan salah satu bangunan lembaga social serta kebudayaan selain sebagai tempat ibadah.

Masjid ini mempunyai bangunan kubah 2 buah dengan menaranya 2 buah. Kubah dengan warna putih ini seperti kubah beton yang ada di Indonesia. Jenis kubah ini juga banyak di bangun di Indonesia karena kekuatannya yang sangat kokoh. Sehingga banyak masjid yang dibangun di dataran tinggi memilih kubah ini untuk bangunan masjidnya.

Selain itu, untuk masjid yang dibangun di sekitar pesisir pantai juga menggunakan kubah beton bagi bangunan masjidnya. Bukan Cuma kokoh saja, kubah beton juga bisa di beri warna yang indah dan sesuai dengan bangunan masjidnya.

Latest Article

Masjid Iwye 30 Juni 2022
Masjid Al-Alam 29 Juni 2022
Masjid Raya Birmingham 28 Juni 2022
Masjid Tiban Malang 24 Juni 2022