Masjid Agung Syekh Zeyid Dubai

Masjid Agung Syekh Zeyid Dubai

Dubai memang terkenal dengan bangunan yang indah termasuk bangunan masjidnya. Salah satu masjid yang indah di dubai ialah Masjid Sheikh Zayed Abu Dhabi. Bangunan masjid ini juga termasuk masjid terbesar yang ketiga didunia sesudah masjid di mekkah & madinah. Luas bangunan masjid ini mencapai 22.412 meter persegi, dan mampu menampung hingga 40.000 jamaah.

Letak masjid ini tepat dikota Abu dabi dan dibangun oleh seorang presiden pertama di Uni Emirat Arab. Presiden tersebut bernama Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan. Desain maupun pembangunan masjid indah ini juga memanfaatkan material dan juga pengrajin dari berbagai Negri. Seperti dari India, Italia, Jerman, Pakistan, Maroko, Turki, Iran, Malaysia, Cina, Yunani, Inggris, Selandia Baru, serta UAE sendiri. Pilihan bahan yang digunakan pun sangat tahan lama dan kokoh misalnya batu marmer, Kristal, emas, keramik dan batu semi mulia.

Struktur bangunan masjid ini berbahan dasar beton yang selanjutnya didekorasi dengan bahan marmer putih murni yang berasal dari italia & yunani. Jenis marmer putih ini juga termasuk termurni di dunia. Sedangkan arsitektur masjid ini juga terinspirasi dari Negara Persia, Mughal, Masjid Badshahi (Lahore), masjid hasan II (casablanka) Maroko, dan Pakistan.

Masjid ini mempunyai cirri cirri lantai berbahan marmer putih dengan kubah yang berjumlah 82 buah yang ukurannya berbeda. Ditambah lagi adanya pencahayaan saat malam hari yang akan menjadikan masjid ini seperti sebuah bangunan di negri dongeng.

Menara yang di miliki oleh masjid ini mempunyai ketinggian mencapai 107 meter dengan lapisan marmer putih bersih. Dibagian bawah menara berbentuk persegi dua tingkat ada pintunya juga serta balkon yang dicat warna emas. Sedangkan dibagian atas menara ada 3 desain yang tidak sama ada balkon berkeliling pagar dominan warna emas. Di pucuk menara ada mahkota emas berbentuk seperti bawang mengecil keatas yang dilengkapi oleh hiasan berbentuk bulan sabit.

Ada 82 kubah yang berjumlah 7 ukuran tidak sama. Ditambah lagi kubah utamanya adalah kubah terbesar didunia yang mempunyai tinggi 85 meter yang berdiameter 32.2 meter. Letak kubah utamanya tepat ditengah masjid dengan lapisan material marmer putih.

Sama halnya dengan menara masjid, pada kubah puncak juga ada mahkota warna emas berbentuk seperti bawang berjumlah 3 buah yang mengecil keatas. Ditambah dengan ornament bulan sabit dari bahan kaca emas. Pada bagian bawah kubahnya ada jendela yang mengitasi kubah yang menjadi jalan masuknya udara dan cahaya matahari kedalam masjid.

14 kubahnya berkaca hijau yang diletakkan pada atap tempat berwudhu dibawah tanah bagi laki laki dan perempuan. Dari lantai dasar anda bisa melihat kubah tersebut sebagai bagian dari taman masjid.

Sementara untuk kubah seperti pada masjid ini juga ada di Indonesia. Dengan bahan dasar kubah dari beton biasanya diberi warna putih bersih untuk bangunan masjid yang warnanya senada. Di Indonesia banyak yang menggunakan kubah dari bahan beton untuk bangunan masjidnya. Karena kekokohan bangunan kubah dari beton, maka semakin banyak pula yang memilih bahan ini.

Terutama untuk bangunan masjid yang dibangun didataran tinggi maupun disekitar pegunungan dan pesisir pantai. Mengingat dilokasi tersebut sering terjadi bencana alam dan gempa yang bisa merusak bangunan apapun. Namun hal ini bisa dihindari karena bahan beton mampu bertahan meskipun ada guncangan yang dahsyat karena gempa sekalipun.

Latest Article

Masjid Iwye 30 Juni 2022
Masjid Al-Alam 29 Juni 2022
Masjid Raya Birmingham 28 Juni 2022
Masjid Tiban Malang 24 Juni 2022