Kubah masjid II Maroko

Kubah masjid II Maroko

Sebagai salah satu Negara dengan mayoritas penduduk beragama islam, tentu memiliki banyak tempat ibadah atau masjid dibangun disini. Mulai dari masjid dengan bentuk yang kecil sampai yang terbesar sekalipun. Salah satu masjid yang terbesar disini ialah masjid sultan Hasan II yang berada di Casablanca.

Masjid ini sangat indah sehingga bisa terkenal sampai ke seluruh dunia. Apalagi masjid ini juga disebut sebut sebagai salah satu masjid yang terbesar sekaligus terindah yang ada di maroko. Bahkan disebut sebagai masjid terbesar ketiga setelah masjidil haram dan masjid nabawi.

Dalam masjid ini juga dipasang teknologi tinggi dengan memanfaatkan cahaya laser sebagai pencahayaan masjid ketika malam hari. Selain itu, masjid ini juga menggunakan teknologi pemanas lantai sebagai pengontrol suhu dalam masjid saat suhunya dingin. Memakai pintu elektrik, dan juga desain atap yang dapat dibuka tutup menggunakan teknologi terbaru.

Ada juga beberapa lantai masjid yang dibuat dari kaca tebal yang membuat para jamaah bisa melihat indahnya samudra atlantik telah menyapu batuan yang ada di bawah masjid hasan II ini. Lantai utama masjid ini mempunyai kapasitas tampung jamaah sampai 25.000 jamaah. Sedangkan untuk halaman masjidnya bisa menampung sampai 80.000 jama’ah.

Pada proses pembangunan masjid ini bahan material dan juga pekerjanya sebagian besar dari wilayah sendiri. Sementara untuk sebagian tiang granit putih dengan lampu Kristal yang menghiasi masjid ini didatangkan secara langsung dari Negara Italia. Walaupun menggunakan material local, namun material tersebut mampu dibuat menjadi sangat artistic dari 6000 pengrajin tradisional di Maroko. Dengan kecanggihan para pengrajin tersebut, maka disulaplah material lokal tersebut menjadi mozaik yang begitu indah. Yakni lantai marmer dengan corak yang unik, relief serta plafon cukup indah yang membuat para pengunjungnya kagum.

Ukiran kaligrafi juga di tulis indah di dinding masjid baik bagian interior masjid maupun eksterior masjid ini. Bahkan ada juga gambar gambar indah sebagai isyarat kekuasaan Allah SWT.

Sama halnya dengan masjid lainnya, pada masjid Hasan II ini juga dibangun menara. Letak menara masjid ini berada di pojok kompleks yang merupakan menara tertinggi didunia. Karena tinggi menara tersebut mencapai 210 m2. Sedangkan cahaya laser yang dijadikan sebagai pencahayaan ketika malam hari berada di puncak menara. Laser tersebut mengarah ke masjidil haram sebagai kiblat seluruh umat islam didunia. Keindahan masjid ini bukan Cuma berada di bagian arsitektur masjidnya namun juga bagian halaman masjid ini. Karena disini dilengkapi juga taman yang sangat rapi ditambah adanya air mancur yang dibawahnya ada kolamnya.

Meskipun masjid ini tidak dibangun kubah induk, namun dipuncak menara terdapat kubah kecil yang cukup indah dilihat. Masjid ini juga dirancang tahan gempa karena letaknya memang berada di pesisir pantai. Untuk kubah yang cocok dengan masjid yang letaknya dipesisir pantai seperti masjid Hasan II ini ialah masjid beton dan juga kubah flannel enamel.

Kedua kubah ini sangat tahan terhadap gempa dan ketahanannya mampu mencapai puluhan tahun. Sehingga banyak masjid yang berada di wilayah dataran tinggi dan wilayah sekitar pantai menggunakan kubah beton atau kubah flannel enamel tersebut. Namun jika ingin menggunakan kubah dengan perpaduan warna yang cerah bisa memilih kubah flannel enamel. Karena ada banyak warna indah yang tersedia untuk menyesuaikan masjid yang ada dibawahnya. Kubah ini juga tahan terhadap gempa sehingga tidak perlu khawatir jika dibangun untuk masjid yang ada di dekat pantai.

 

Latest Article

Masjid Iwye 30 Juni 2022
Masjid Al-Alam 29 Juni 2022
Masjid Raya Birmingham 28 Juni 2022
Masjid Tiban Malang 24 Juni 2022